Melindungi Komputer Dari Virus Di Flashdisk

Flashdisk merupakan media integrasi penyimpanan dari disket, kalau dulu disketlah media yang paling ampuh penyebar virus antar komputer kalau sekarang ini tidak bisa di elakkan lagi kalau flashdishlah juaranya penyebar virus antar komputer. apalagi kalau kita dari warnet harus hati-hati banget karena di warnet merupakan tempat paling potensial adanya virus selain di warnet tempat umum dimana flashdisk dicolokin sana sini baik yang mengandung virus, di warnet juga merupakan tempat yang langsung tersambung ke internet dimana internet merupakan tempat orang-orang menyebarkan virus dan worm, untuk itu perlu extra hati-hati karena semakin kedepan teknologi virus semakin membahayakan.

Selain kita mengandalkan anti virus perju juga mengamankan lewat aplikasi lain yang bisa di gunakan untuk mendisible autoran dari flashdisk, karena penyebaran virus flashdisk ke komputer lewat autoran yang di timbulkan dari flashdisk itu sendiri. ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk membendung virus dari flashdisk.

  • Secara Manual

untuk windows xp :

  1. Klik tombol Start – Run.
  2. Ketik gpedit.msc dan tekan OK.
  3. Klik pada User ConfigurationAdministrative TemplatesSystem.
  4. Klik 2x pada Turn Off Autoplay.
  5. Klik pada option Enable.
  6. Pada option Turn off Autoplay on, pilih All drives.
  7. Klik OK.

Windows Vista dan windows 7 silahkan cari sendiri di om Google yach…

  • Dengan Bantuan  Software

software-software yang bisa anda gunakan sebenarnya banyak sekali disini saya cuma ngasih 2  software aja yang bisa anda gunakan :

  • No Outoran

No Autorun merupakan aplikasi gratis, cara kerja software ini  secara otomatis akan mengunci file-file autorun yang dicurigai sebagai virus dalam flashdisk yang digunakan. Jika kita ingin menghapus file-file yang dicurigai sebagai virus (dan kita yakin file tersebut adalah virus), kita dapat menghapusnya melalui panel utama No Autorun atau memasukan ke Quarantine Zone (dapat diakses melalui menu Main Window atau Quarantine Zone pada ikon No Autorun di system tray).

Selain melindungi komputer dari penyebaran virus melalui flashdisk, No Autorun juga bisa berfungsi sebaliknya, yaitu melindungi flashdisk dari komputer yang terinfeksi virus. Cara melindungi flashdisk adalah dengan mengaktifkan USB Disk Soft Write Protect. Dengan mengaktifkan USB Disk Soft Write Protect maka otomatis flashdisk hanya bisa dibaca isinya saja tapi tidak dapat digunakan untuk menyimpan (read only).

screenshot no aoutoran :

  • Apo USB Autoran

aplikasi ini juga bisa anda dapatkan dengan gratis, fungsinya hampir sama dengan no autoran, anda bisa mengatur outoran flashdisk,dengan mengklik kanan pada icon di taskbar anda bisa mengkostumize aplikasi ini, bukan hanya itu anda bisa langsung melihat isi flashdik dengan mengklik kiri pada aplikasi ini.

screenshot icon usb Apo USB Autoran : Download :

No Aouturan dan Apo USB Autoran

About these ads

1 Response to “Melindungi Komputer Dari Virus Di Flashdisk”


  1. 1 zfarlinda February 28, 2011 at 12:51 am

    info yang bermanfaat,, thanks infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Apoenk Online Support

Daftar Isi Blog

Kategori Tulisan

Blog’s Status

Indonesian Muslim Blogger

Counter

  • 283,216 Page View

free counters

My Popularity (by popuri.us)
100 Blog Indonesia Terbaik

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: