Cara Jaga Privasi di Facebook Bagian 1

Mungkin anda pernah dengar ada kasus yang mengkaitkan jejaring sosial No 1 ini, misalkan kasusnya Novai yang dibawa kabur oleh Ari selama 3 hari ketika berkunjung ke jakarta karena perkenalan lewat facebook (detik.com  Selasa, 09/02/2010), sampai sampai KOMNAS anak catat 36 kasus gara gara  jejaring sosial yang paling digemari masyarakat indonesia saat ini. sudah termasuk penculikan anak sebanyak 7 kasus…duh kok jadi gini ya…..,memang di Facebook banyak mendorong penggunanya berbagi bernagai hal foto no Hp alamat email dan terkadang terkait privasi yang sebenarnya orang lain gak boleh tau tapi kamu memasangnya di facebook, ini yang banyak menyebabkan kejadian seperti yang sedang rumur saat ini. kalau anda tidak mengaturnya jangan salahkan kalau terjadi hal hal yang tidak diinginkan lho😉 , banyak cyber yang menjaring informasi dari Facebook, privasi di Facebook sangan penting untuk diatur biar tidak terlalu terexpose, dan juga menghindari dari cyber yang tidak bertanggung jawab OK.

Nah ini langka-langkah untuk menjaga privasi anda di Facebook:

1. Menghilang dari hasil pencarian

Hampir setiap website punya fasilitas pencarian untuk memudahkan pengguna yang melihat website itu, Facebook juga punya mesin pencari untuk menemukan anggotanya, coba saja namaku di search “ibnu masyadipasti akan muncul nama account facebookku tersebut dan diikuti banyak nama-nama yang agak mirip dengan nama akun facebookku. Kita bisa “menghilang” lho dari pencarian ini, dan hanya temen-temen yang sudah ada di daftar temen-temen kamu yang bisa melihatnya. Dengan melakukan ini anda sudah mengambil 1 langkah untuk berlindung dari orang-orang tidak kita kenal. Tapi ada syaratnya untuk melakukan ini Jangan asal meng-add temen or menerima permintaan pertemanan ya….

  • Klik “Account”/”akun” di sebelah kanan pojok atas, lalu klik “Privacy Setting”/”pengaturan privasi”
  • Klik “Search”/”pencarian”
  • Ganti Facebook Search Result ke “Only Friends”/”Hanya teman”

Jangan kawatir selain teman anda tidak akan bakalan menemukan nama anda.

2. Sembunyi dari Mbah Google

Google merupakan search engine yang paling top sekarang ini, search engine yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin menjadi mesin pencari yang paling popular dikalangan netter karena desainnya yang begitu sederhana dan bersih dan yang paling penting hasil pencariannya boo..yang sangat releven dan tepat sasaran,You Google IT ! apa saja bias anda cari lewat Google (Majalah Forbes 26 mei 2003, tentang kesuksesan Google), nah sekarang coba ketikkan nama profil facebook kamu di Google, niscaya kamu akan mendapati namakamu di Google. Yah…:roll: akhirnya ketahuan profil facebook kamu. Mungkin kamu bias sembunyi dari mesin pencari Facebook tapi tidak di Google, nah biar privasi kamu juga terjaga, kamu juga harus sembunyi dari mbah Google. Emang Bisa ? Bisa ! kenapa tidak ! caranya :

  • Klik “account”/”akun” lalu klik “privacy settings”/”pengaturan privasi”
  • Klik “Search”/”pencarian”
  • Hilangkan tanda centang pada “Allow” /“izinkan” di public Serch Risult/hasil pencarian umum.
  • setelah anda menghilangka tanda centang tersebut maka akan muncul dialog lalu pilih Klik “Confirm”.

3. List Friends kamu !

Langkah selanjutnya untuk menjaga privasi kamu yaitu dengan list temen-temen kamu. Manfaat dari list ini kita bias mengkatogorikan temen-temen kita, sehingga dengan mudah mengirim pesan hanya kepada list temen-temen kita, dan temen-temen yang lainnya yang tidak masuk list tidak akan tahu terhadap pesan yang dikirim terhadap list kamu, sehingga privasi list kamu terjaga.

Caranya untuk membuat list :

  • Klik ” Friends”, dimenu sebelah kiri maka akan tmpil foto temen-temen kamu
  • Setelah muncul foto-foto temen kita,di sebelah atas  klik Create List
  • Masukkan nama List yang dilingkari warna merah atas, lalu pilih temen-temen kita yang mau dimasukkan dalam list ini.

  • Terakhir klikCreate List dibagian bawah yang ada lingkaran merah pada gambar diatas. Selesai deh…

4. Stop Mengumbar Foto !

Nah ni buat yang suka mengumbar foto di facebook, jangan suka mengumbar foto deh.., ya capa tau ada orang yang pengin iseng dengan foto kamu,mungkin didukunin, disantet, foto kamu di sulap jadi telanjang atau dimanfaatkan untuk hal yang negatif. Ya priventif kan lebih baik dari pada curative. dengan teknologi itu semua bias terjadi tanpa kita sadari ! oleh karena itu Stop Mengumbar foto ! kalau mau jadi artis mendingan di dunia nyata ja ! ini juga untuk menjaga privasi kamu. Caranya ya dengan membatasi orang-orang yang bias lihat foto kamu.

Caranya :

  • Klik “Account>privacy setting”
  • Klik “Profile Information”
  • Dibagian Photo Album, klik “Edit Settings”yang ada lingkaran merahnya sebelah kanan.
  • Nah sekarang anda tinggal ngatur yang bias lihat masing masing album kamu….B E R S A M B U N G……………….

0 Responses to “Cara Jaga Privasi di Facebook Bagian 1”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Daftar Isi Blog

Kategori Tulisan

Blog’s Status

Indonesian Muslim Blogger

Counter

  • 476,055 Page View

free counters

My Popularity (by popuri.us)
100 Blog Indonesia Terbaik

%d bloggers like this: