Kenapa Industri Software Indonesia Sulit Berkembang?

inilah kenyataannya kalau kita mengamati perkembangan industri software di indonesia, jalan di tempat dan terasa sangat  lamban tidak ada kemajuan signifikan dari tahun-ketahun. kenapa demikian? ada sebuah pertanyaan besar kalau melihat kepandaian orang indonesia tidak jauh dengan SDM negara-negara lainnya penghasil software-software kelas dunia. inilah jawaban yang saya temukan:

1. Pembajakan

kalau disuruh bajak-membajak indonesia jagonya😥 bagaimana tidak software yang belum resmi di luncurkan di indonesia sudah ada bajakannya yang versi full! mantap😆 dengan kondisi inilah indonesia menempati peringkat 12 dunia,inilah faktor pertama yang melatarbelakangi sulitnya perkembangan industri software dinegara kita secara logika saja vendor  yang menjual softwarenya dengan harga mahal berbilang juta sampai puluhan juta harus bersaing dengan harga bajakan yang hanya puluhan ribu?makanya banyak perusahaan software yang kehilangan kreativitasnya bahkan gulung tikar alias bangkrut,anda mau tahu berapa kerugian yang ditimbulkan?Data Business Software Alliance (BSA) mencatat kerugian bisnis akibat pembajakan software atau peranti lunak komputer di Indonesia mencapai US$886 juta pada 2009. Kepala perwakilan BSA Donny Alamsyah Sheyoputra di Denpasar menyebutkan kerugian tersebut meningkat jika dibandingkan dengan 2008 yang mencapai US$544 juta. bahkan ini disinyalir aan meningkat setiap tahunnya.

2. kalah persaingan

Persaingan software di kancah dunia memang sangat ketat sekali, dengan hadirnya perusahaan raksasa software dunia seperti microsoft adhobe dan sebagainya dengan dana triliunan rupiah. membuat perusahaan indonesia keok tak berdaya yang hanya dengan modal saicrit, kondisi ini di perparah  rakyak indonesia lebih memfavoritkan software software-software buatan luar negeri. seperti karya microsoft seperti windows dan office dan enggan memakai produk dalam negeri walaupun jenis softwarenya sama.

3. Kurang adanya  dukungan pemerintah

perhatian atau aprisiasi pemeritah terhadap perkembanagan software kurang menyenangkan dihati para vendor, buktinya kalau pemerintah peduli dengan perlkembangan software dalam negeri tidak akan membiarkan pembajakan merajalela, padahal itu jelas-jelas merugikan negara, apalagi yang tidak ada keterkaitan dengan  negara?pyratiuran memang sudah ada namun penegakannya yang tidak maksimal, hanya bisa memproduk hukum namun implementasinya nol besar ! paling tidak pemerintah memberikan apresiasi dengan  mempersempit ruang gerak pembajakan. syukur-syukur pemerintah memberintah memberikan aprisiasi dengan bantuan finansial.

3 Responses to “Kenapa Industri Software Indonesia Sulit Berkembang?”


  1. 1 abenk October 11, 2010 at 4:48 am

    nice post….salam kenal….

  2. 2 al-bugisy May 16, 2011 at 10:54 pm

    kalau keadaanya sudah seperti ini, saatnya rakyat indonesia menggunakan software yg open source.


  1. 1 Tantangan Perkembangan Industri Software Indonesia | ALEK BLOG Trackback on August 6, 2014 at 12:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Daftar Isi Blog

Kategori Tulisan

Blog’s Status

Indonesian Muslim Blogger

Counter

  • 475,835 Page View

free counters

My Popularity (by popuri.us)
100 Blog Indonesia Terbaik

%d bloggers like this: